Kerja adalah Rezeki yang sudah Ditetapkan Sang Maha Pencipta


Ingatlah bahwa Rezeki, Maut dan Mati adalah kehendak Sang Maha Pencipta. Tidak ada satupun manusia yang diberi ilmu untuk mengetahui kapan ketiga hal ini akan terjadi. Demikian juga dengan rezeki, sesungguhnya manusia sudah ditentukan berapa kapasitas rezekinya, kapan dia mendapatkannya dan dimana dia mendapatkannya. Karena ini adalah rahasia Sang Maha Pencipta, maka manusia hanya diwajibkan untuk berusaha, beriktiar sebaik-baiknya dan diiringin dengan doa kepada Sang Maha Pemberi Rezeki.

Itulah mengapa jangan pernah takut kelaparan karena Sang Maha Pencipta telah menjamin rezeki para mahkluk-Nya, dimanapun berada yang perlu khawatirkan adalah apakah yang telah kita lakukan dan kerjakan untuk mendapatkan rezeki tersebut sudah sesuai dengan kaidah-kaidah agama kita.

Namun, terkadang manusia terlampau khawatir jika tidak mendapat rezeki sehingga untuk mendapatkan rezeki dari pekerjaan yang diinginkannya semua cara dilakukan termasuk cara-cara yang diharamkan dalam agamanya. Yang penting dapat sehingga tradisi sogok menyogokpun menjadi hal yang lumrah terjadi.

Kerja adalah salah satu rezeki yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh Sang Maha Pencipta terhadap makhluk-Nya, sehingga berusahalah untuk mendapatkan rezeki dari pekerjaan atau jabatan dengan cara yang baik dan tidak melanggar aturan agama. Berusahalah untuk mendapatkan rezeki dari pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, jangan memaksakan diri jika kita tidak kompeten di pekerjaan tersebut.

Ingatlah, yang menentukan rezeki kita adalah Sang Maha Pencipta. Bukan pimpinan kita dan bukan pemilik perusahaan tempat kita bekerja. Hanya sebagai lantaran saja rezeki itu melalui perusahaan tersebut. Sehingga kita dapat bekerja secara objektif, bukan subjektif yang menyebabkan bekerja karena takut sama atasan, bahkan terkadang yang lebih parah kita berusaha “menjilat” atasan agar posisi kita selalu aman, tidak diberhentikan dan tidak digeser dengan berbagai cara. Tidak perduli kadang hal ini dapat merugikan rekan kerja yang lainya.

Yang perlu ditanamkan dalam hati adalah bekerjalah dengan sebaik-baiknya, bekerjalah karena memang harus mendapatkan rezeki yang baik, bekerjalah dengan hati dan penuh tanggung jawab.

Semoga bermanfaat.

image: courtesy of  http://www.gubugreyot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s