Memperbaiki Kinerja Komputer yang Lemot


Para Dulur,

Seringkali pada saat pertama kali komputer atau laptop dibeli kinerja yang dihasilkan masih sangat bagus dan memuaskan. Namun seiring dengan waktu ternyata kinerja komputer atau laptop kita semakin lemot dan mengesalkan. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya ini, antara lain :

  1. Semakin banyak program aplikasi yang diinstal, sehingga semakin besar MSOChacheyang dibuat oleh komputer yang akan diloading oleh komputer pada saat pertama dinyalakan.
    Solusinya:
    Hapus folder MSOCache di direktori C. Dikarenakan folder ini tersembunyi (hidden) gunakan program Total Commander atau sejenis (selain Windows Explorer) untuk menghapus dengan terlebih dahulu mengaktifkan fungsi Show Hidden pada Configuration Display.
  2. Semakin banyak program aplikasi yang diinstal semakin banyak juga (walau tidak semua) yang menitipkan shortcut programnnya di menu startup. Sehingga akan menambah beban kerja komputer saat pertama kali dinyalakan karena aplikasi ini diaktifkan tanpa perlu bertanya lagi kepada sang pengguna komputer.
    Solusinya:
    Hapus semua aplikasi yang diaktifkan pada saat komputer dinyalakan dengan cara lihat disini.
  3. Dikarenakan semakin banyak program aplikasi yang diinstal menyebabkan ruang penyimpanan hardisk, terutama di direktori C semakin kecil. Ada beberapa program yang membutuhkan ruang hardisk yang besar untuk dijadikan swap memory. Sehingga jika kapasitas tersisa hardisk di bawah 10 GB akan mempengaruhi kinerja komputer saat membuka program aplikasi yang membutuhkan swap memoryyang besar.
    Solusinya:
    Hapus file yang tidak diperlukan lagi di direktori C, atau pindahkan ke direktori D atau bakar (burning) ke keping CD/DVD. Remove program aplikasi yang tidak dibutuhkan dan jarang dipakai di Add/Remove Program di Control Panel. Bersihkan sisa file hasil instalasi dengan cara buka Windows Explorer, klik kanan pada direktori C, kemudian pilih Properties, klik Disk Cleanup, klik jenis file yang akan dihapus, OK.
  4. Jika hal diatas sudah dilakukan tetapi komputer/laptop masih lemot, biasanya ini salah satu pekerjaan Virus yang sudah menginfeksi system Windows. Sehingga pada saat komputer/laptop dinyalakan, sang Virus sudah bercokol di memory komputer untuk menguasai system Windows pada saat di operasikan,  jika ada flashdisk yang dicolokkan ke komputer akan langsung terinfeksi juga.
    Solusinya:
    Update vaksin antivirus yang digunakan. Atau uninstal anti virus lama, ganti dengan antivirus jenis lain. Dengan harapan antivirus yang baru lebih “tanggap” untuk menghadapi Virus yang sudah bersemayam di komputer/laptop kita. Jika keberadaan Virus ini sudah demikian kuatnya biasanya tidak bisa dibersihkan dengan antivirus yang terinstal walaupun sudah diganti dengan antivirus yang baru maka tidak ada pilihan lain selain melepas hardisk komputer/laptop yang terinfeksi lalu di scaning di komputer yang memiliki antivirus yang lebih baik. Atau pilihan terakhir adalah Install ulang Windows di komputer/laptop kita. Karena ini statusnya sudah emergensi atau sekarat.Dari beberapa pengalaman yang saya temui. Virus langsung menginfeksi komputer dikarenakan kebiasaan kita menggunakan Windows Explorer yang notabene membuat bangkitnya sang Virus yang sudah ada di flashdisk. Atau flashdisk sudah tercolok ke komputer/laptop sebelum ikon antivirus tampil di taksbar kanan bawah Windows karena masih dalam proses mengaktifkan antivirus. Berbagi pakai file melalui flash disk merupakan pintu gerbang masuknya virus ke komputer/laptop, jadi kita harus lebih jeli menyiasati bagaimana sang Virus yang sudah ada di flashdisk tidak masuk ke komputer/laptop kita.
  5. Dikarenakan pada saat menyalakan komputer, Windows akan menggunakan RAM/Memory sebagai memori sementara, maka kadang kapasitas RAM/Memory yang tidak memenuhi standar kebutuhan komputer/laptop dapat menjadi biang kerok lemotnya komputer/laptop. Atau pembelian merk RAM/Memory yang sembarangan bisa juga menyebabkan hal ini.
    Solusinya:
    Ganti RAM/Memory yang lama dengan yang baru, atau tambah kapasitas RAM/Memory menjadi lebih besar. Tentu solusi yang ini akan menguras kantong para Dulur karena tidak gratis.

Demikian beberapa tips yang insya Allah dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja komputer/laptop yang lemot. Semoga bermanfaat.

Dedy Irwanto
Polygon Computer Service

image: Courtesy of  forums.techguy.org

One response to “Memperbaiki Kinerja Komputer yang Lemot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s