Komputer Hang Saat Start Windows


Para Dulur,

Ada case yang saya temukan dalam kegiatan Polygon Computer Service, yaitu komputer hang saat akan masuk Windows. Jadi proses berhenti saat tampil logo windows.

Spesifikasi:
Tipe procesor: AMD Duron
Tipe/Kapasitas RAM: SDRAM / 128MB
Operating System: Windows XP Profesional

Analisa:
Berlatarbelakang dari pengalaman sebelumnya, biasanya komputer akan berhenti proses pada saat resource RAM/Memory tidak tersedia cukup untuk meloading aplikasi system yang akan dijalankan pertama kali Windows mulai aktif. Terutama untuk procesor yang menggunakan tipe AMD. Dikarena proses awal AMD yang cepat jika memproses system membutuhkan ruang RAM/Memory yang lebih lega. Sehingga pada saat sedang terjadi proses loading awal Windows yang diproses dengan cepat sedangkan RAM/Memory yang tersisa tidak memadai membuat System tidak dapat melanjutkan prosesnya alias stack.

Solusi 1:

  1. Yang dilakukan adalah upaya mengurangi penggunaan RAM/Memory di awal Windows start. Dengan cara meng-non-aktifkan semua proses aplikasi pada start-up di MSCONFIG.
  2. Kemudian mencoba membesarkan swap file (Virtual Memory Windows; ruang hardisk yang disiapkan sebagai RAM/Memory tambahan) di Control Panel > System > Advanced > Setting Performance >Visual Effect ganti ke Adjust for Best Performance dan di Advanced lakukan Change pada Virtual Memory beri nilai minimal 200, maksimal 500 (lebih besar dari nilai recomended).
  3. Lakukan defragment hardisk dengan harapan system lebih cepat mencari file-file yang dibutuhkan saat menjalankan aplikasi. Defragment ada di All Program > Accessories > System Tools > Disk Defragment.

Jika solusi 1 tidak mempan juga, lakukan solusi berikut:

Solusi 2:

  1. Restart komputer, masuk ke BIOS dengan menekan tombol DELETE/DEL berulang-ulang saat komputer pertama menyala.
  2. Masuk ke menu Advanced BIOS Features, cari yang berhubungan dengan BIOS Cache, disable kan.
  3. Tekan F10 > Enter

Nah… jika solusi 1 dan 2 yang gratis tanpa biaya ini tidak mempan juga, maka apa boleh. Langkah terakhir adalah menambah kapasitas RAM/Memory Komputer agar lebih besar. Dalam case ini, saya menambah RAM/Memory komputer yang bersangkutan dengan 1 keping SDRAM 256 MB, sehingga total RAM/Memory yang terpasang adalah 384 Mb dipotong share VGA terlebih dahulu tentunya.

Demikian, semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s